Pengembara Gila yang mencari sesuatu atas nama Cinta

Motivasi Menulis

Qnet itu Penipuan atau bukan ? baca ini pengalaman pribadi saya

Aku dan semua tentang Qnet, bongkar !!!


qnet itu apa sih, manfaatnya tujuanya maksudnya caranya sistemnya, mari kita baca !
Assalamualaikum wr wb Bismillahirahmanirahim,
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha mengasihani, sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang berkenan membaca tulisan ini, saya harap kalian selalu dalam keadaan sehat dan dilancarkan rezekinya, amin

Tulisan ini tidak bermaksud untuk menjatuhkan orang lain baik individu maupun kelompok, dan saya perlu tegaskan sekali lagi saya tidak bermaksud menjelek jelekan Qnet, saya hanya menghakimi sesuai apa yang saya alami,,, baiklah mungkin dari kalian sudah tidak sabarkan
Kisah ini bermula ketika Sang lulus sekolah, untuk kalian yang baru lulus sekolah menengah, kalian tentu mengalami siklus dimana kalian dihadapi oleh dua hal, kuliah atau kerja ,buat kalian hal itu membingungkan terutama dari kami yang berekonomi rendah, tuntutan untuk meringankan beban orang tua pasti tertanam dalam hati, begitupun Sang, hari itu cuaca sangat cerah sang yang sudah lama menganggur sedang duduk2 didalam rumah, tak lama kemudian sang menerima pesan dari seorang teman, dia menawarkan pekerjaan lewat temanya
Teman ;  sang kamu mau kerja gak
Sang    ; wah maulah bro, dah lama diem dirumah nih hehe
Teman ; nih si aku punya teman namanya tomi, dia lagi nyari orang yang mau kerja sama dia, gimana
Sang    ; hmmm, yaudah deh mana nomernya sini aku hubungin
Akhirnya sang dan tomi pun berkomunikasi, dia menawariku pekerjaan digudang obat apotek dengan gaji sekitar 3jt waw fantastis kan, dengan gaji yang terbilang menjanjikan akhirnya aku mulai mencari ongkos buat pergi ke tempatnya si tomi, dia bilang di Bandung yaudah aku ngumpulin ongkos sekaligus sarat2 buat ngepamar kerjaan,, sekitar seminggu, semua sarat dan ongkos sudah aku kantongi dan akupun pamit pada orang tua dan bilang bahwa aku mendapat ajakan kerja dari teman,, lalu orang tuapun membolehkanku pergi, aku pergi dari rumah sekitar jam 7 malam dan sampai bandung sekitar jam 2 pagi, aku turun di terminal cicaheum, setelah turun aku mengontak si tomi, dan butuh waktu lama mungkin karena dia sedang tidur dan akhirnya terbangun dan menyuruhku naik ojeg online, tak lama dia membagikan lokasi dia tinggal,, kalau gak salah di jalan cibaduyutan blok Grutty Shoes ituloh jalan dibandung yang terkenal karena kerajinan sepatunya,, wah gila, kerja disini nih aku kayaknya, pikirku dalam hati senang,, akhirnya aku memanggil ojeg online lewat aplikasi hapeku,, tak lama dia datang dan akupun langsung naik,, sekitar 15 menit akhhirnya aku sampai di tempat si Tomi, yaitu jalan cibaduyutan komplek Grutty shoes, kalau gak salah bayarnya sekitar 22 rb, aku diem disana, nunggu si tomi datang dan sekitar 5 menit akhirnya dia datang juga bersama satu orang temanya,, perasaanku mulai bingung, melihat penampilan mereka, si tomi pakai anting satu dan temanya memakai tato dan rambut kurang rapih alias gondrong belum lagi pakainya celana levis sobek2,, wah udah mulai ngaco nih, tapi berhubung waktu sudah hampir jam setengah 3 pagi akhirnya aku dan mereka langsung pergi ke kontrakan mereka, wah aku kira tempatnya deket, eh gak taunya agak jauh men, butuh waktu sekitar 1O menit
Coba kalian bayangin malem2  jam 3 suruh jalan kaki sekitar sekilo, belum lagi habis perjalanan jauh men,, WTF,, aku coba positive thinking ajahlah,, bersabar itu baik walau kadang menyakitkan, setelah perjalanan yang cukup melelahkan, akhirnya aku sampai di kosan si tomi, dan begitu aku masuk, ANJ!#NG !!!
Coba lo bayangin, kontrakan seluas 5x5 meter di isi sama 8 orang plus tambah aku,, gila parah, yang bikin parah ada yang masih bangun dan dia lagi pada ngerokok,, jujur aku paling gak suka sama yang namanya rokok, harapan ingin beristirahatpun akhirnya punah,, tak lama, mereka mungkin mulai ngerti kalau ada aku, dan mereka perlahan keluar dan mempersilahkan aku tidur, dan tanpa basa basi aku akhirnya tidur walau dalam keadaan pengap dan sesak,,
Besoknya, aku bangun sekitar jam 7 pagi, mandi dan menyiapkan berkas takut2 ada yang salah, setelah semua beres akupun mengganti baju menggunakan kameja putih celana hitam layaknya orang melamar pekerjaan formal, namun aku jadi bingung sekaligus jengkel, setelah semua siap si tomi bilang sama aku,
Tomi : bro, barusan dapet sms dari bos kalau hari ini kantor diliburkan karena ada rapat
Sang : ouh, yaudah gak papa, lumayan dong ada waktu buat istirahat hahaha
Dalam hati gue mikir, Bos goblok mana yang ngeliburin perusahaan karena dia ikut rapat, parah ! okelah fine, dari pada ngaco mending aku tidur ajah,,dan baru mau tidur, dia bilang kalau kita harus pindah,, hah?
Tomi : bro kita pindah ke kosan gue yuk !
Sang : ouh yaudahlah ayoo
Aku angkutin semua barang bawaan dan kampretnya kosanya jauh SETAN ! tapi setidaknya dikosan yang satu ini kami hanya berempat, dan ada satu orang badanya gede banget wajahnya kolot kayaknya dia ketua di geng ini,, setelah kita wawancara basa basi darimana kapan bla bla bla akhirnya siang itu aku tidur dan bangun sore !
Malamnya aku bilang sama dia, tom kerjaanya kayak gimana sih, ceritain dong biar besok gak gerogi kalau ditanya pengawasnya,,
Tomi : udah deh tenang ajah bro, kerjaanya gampang kok cuman nyusun obat bla bla bla,,, sekarang mending tidur, besok berangkat jam 6 pagi soalnya dijemput mobil kantor
Sang : wihh keren banget sampai dijemput segala hahaha @dalam hati aku ngomng, gaji 3jt berangkat dijemput tapi kok kontrakan gak layak huni gini, mana makan sama mi instan lagi, gmana ada gijinya,, oke fix lupain dulu pikiran aneh ! disini aku butuh kerja titik !
Keesokan harinya dipagi hari aku dan tomi bersama ketua geng, berpakaian rapi dan siap berangkat,, wah ini baru kerja nih pikirku dalam hati,, kami berdiri dipinggir jalan dan gak lama datang angkot di sebelah sopir ada orang pakaianya sama kaya si ketua di kosan gue,, mungkin jabatanya sama kali,,
Lalu aku disuruh masuk, aku dan tomi pun masuk dan betapa terkejutnya kalau di dalam angkot itu ada banyak penumpang berpakaian rapi, sama kaya aku kayaknya mereka juga mau ketempat yang sama,,ahh gila,, aku masih mampu kok bayar angkot gak perlu yang gratisan kaya gini,, ada yang duduk dibawah ada yang dipangku ahhh sesak !!! belum lagi jendela angkot yang dicat warna dan membuat aku susah ngelihat jalan, dan ingin tahu posisiku ini dimana !
Sekitar 1O menit akhirnya angkot sampai ditujuan, didepan sebuah gedung berlantai 4 yang masih terlihat tutup,baru juga turun dari angkot, semua orang langsung diarahkan ke dekat pintu masuk gedung, dalam hati aku ingin tahu tempat ini dimana aku coba lihat daerah sekitar tapi keburu disuruh masuk ahhh,, akhirnya aku dan mungkin bersama 1OO orang yang lain, menunggu didepan pintu yang masih tertutup, aku tanya si tomi, kenapa bisa banyak orang, dia jawabnya karena mungkin mereka juga ikut melamar,,
Jam menunjukan pukul  7 lebih,, dan akhirnya pintu masuk dibuka, semua langsung masuk dan kami masuk ke lantai 4 melalui tangga, waduh pegel cuy, begitu sampai di ruangan dapat dilihat banyak sekali kursi berjajaran, aku duduk di tempat agak belakang namun mereka menyuruhku untuk duduk didepan karena didepan masih kosong akupun menuruti, setelah semua duduk lalu operator yg menjalankan laptop dan proyektor itu menyalakan musik DJ dengan sangat keras karena menggunakan spiker yang besar, mulai dari dangdut DJ remiks pop regea semua dimainkan, aku berfikir kantor macam apa ini, tolol !
Setelah sekian lama menunggu akhirnya tepat pukul 8 lebih, acara akan segera dimulai namun, orang2 yang menggunakan jas meminta hape kami, dengan dalih agar kami fokus memerhatikan, wah belum juga jadi pegawai udah diktator gini, parah ! akhirnya aku memberikan hapeku, karena aku berfikir ahh dikunci ini kok, tapi bagaimana dengan hape mereka yg tidak dikunci sama sekali, wah bahaya sudah pasti dioprek sama mereka ! ketika semua hape sudah di bawa akhirnya ada MC perempuan datang, dia bicara panjang lebar bahwa untuk menjadi orang sukses harus gini gini gini, setelah selesai bicara diapun meminta operator untuk memutar video kisah2 orang sukses bekerja dengan qnet, suara dikeraskan lampu dipadamkan semua mata tertuju pada proyektor didepan,, tidak tanggung2, mereka yang sukses memperlihatkan rumahnya yang seperti istana, lengkap dengan belasan mobil yang berjejer dihalaman, begitupun dengan orang2 berikutnya mereka memperlihatkan kekayaan mereka yang melimpah, mereka seakan akan hidup selamanya, dan penontonpun hanya menganga sambil tepuk tangan, orang yang ada di video dengan pidato yang keras dan sangat meyakinkan bahwa hidup bisa dirubah, bahkan tak sedikit dari mereka yang angkuh dengan kekayaan mereka yang jumlahnya melebihi penjabat, lah kalau gak ada penjabat yang mau ngurus negri ini siapa ! bego ! terlepas dari harta mereka yang berlimpah, walahualam bisa benar bisa juga Cuma setingan, tapi video tersebut terlihat sangat meyakinkan, terutama buat orang awam pasti langsung ngiler !
Setelah video yang berdurasi 3O menitan itu selesai akhirnya MC datang lagi, tapi dia laki2, dia menanyakan pada kami menarik atau tidak video tadi, lantas diapun menjelaskan apa itu qnet, qnet adalah perusahaan yang dibangun tahun 98 tepat dimana pada tahun tersebut terjadi krismoneter bla bla bla @teman2 bisa mencarinya sendiri di internet,, setelah menjelaskan panjang lebar si MC menyuruh operator untuk menunjukan beberapa foto Qnet telah mensponsori beberapa perusahaan ternama dunia, bahkan klub mancester city pun pernah mereka sponsori woow amazing,, belum lagi baru2 ini Qnet telah mensponsori Rio haryanto si pembalap Formula 1 asia, gila abis lalu mereka memperkenalkan produk merka berupa kaset bio disc kalung dan beberapa alat kesehatan lainya, bahkan mereka menunjukan sertifikat dari NASA amerika bahwa produk mereka  yang kebanyakan dibuat dari kaca pernah dibawa ke bulan dan tidak hancur seperti kaca yang lainya wah gila abis deh,, mereka juga menunjukan surat2 ijin baik dari pemerintah maupun dari MUI terkait ke halalan usaha mereka, intinya sesi itu kami dicekoki dokumen2 yang entah benar atau hanya editan,, mata kita terlalu fokus ke depan belum lagi suara teriakan dan tepuk tangan dari belakang yang begitu ramai membuat kami terpaksa memakan mentah2 informasi yang ada,, setelah sesi itu berakhir MC pun memanggil orang berikutnya, dia akan memberikan kesaksian  ikut kerja di qnet, setelah dipanggil akhirnya dia keluar di iringi musik DJ dan bodyguard2nya, perlu kalian ketahui bahwa setiap dari mereka itu memakai jas keren, rambut klimis kancing baju mereka dibuka dan memperlihatkan kalung emas, itu hampir semua pegawainya baik MC operator dan semua yang terkait didalamnya,,
Akhirnya si pria ini menceritakan bahwa dulunya dia hanya pemuda biasa yang miskin namun karena perjuangan dan tahu ada qnet, dia masuk dan ekonominya sedikit terangkat bisa dibuktikan dengan pakaian yg dia kenakan wowww !!! diakhir cerita dia bahkan nangis bahwa sangat beruntung bisa masuk qnet dan sangat berterima kasih pada yg mengajaknya pret, lebay ekting wkwkwk,,,  mereka pergi dan datanglah MC kurang puas, MC memanggil saksi berikutnya yang bahkan masih berusia 18 tahun dan baru beberapa bulan ikut qnet, tak lama dia datang diringi musik lampu yang mati nyala2 dan teriakan histeris kaya lagi lihat konser kipop, setelah suasana tenang akhirnya dia juga menceritakan pengalamanya bla bla bla dia juga tips dan tahap2 menjadi pegawai qnet, bahkan dia menyuruh UGD utang gadai Dol, yg dalam bahasa jawa artinya jual,, yang lebih ekstrim dia menyarankan untuk berbohong pada orang tua, dia menyuruh kami untuk dengan cara apapun mendapat dana buat gabung sekitar 8,6 jt dan saratnya Cuma ktp bahkan dia bilang buat yg belum punya ktp dia bisa memprosesnya dengan cepat dengan bantuan orang dalam, tentu dengan biaya lumayan sekitar 25O ribu, sungguh disayangkan kenapa orang yg bekerja dipemerintahan bisa sampai berani seperti itu,,jujur saya akui dia sangat hebat memberi materi dan cara menyampaikanya tak jarang dia membawa materi2 dari ahli ekonomi dll,,bahkan konon bisnis qnet ini bisa sampai ahli waris dan juga sampai cucu2nya wah ! menjanjikan ! dia juga mencontohkan beberapa konsep jika punya uang segini mau diapakan, dia bertanya pada yang hadi dan jawaban mereka beda2 ada yg jawab jualan baso jual cilok jual pulsa jual rental PS dan lain2, kesimpulanya sama sajah, mereka akan tetap miskin sampai tua, hal itu juga berlaku untuk pegawai karyawan baik minimarket spbu toko dll, tetap saja mereka masih miskin, baik pejabat artis PNS dan apapun itu tetap saja walaupun banyak uang tapi waktu mereka tidak banyak karena mereka pekerja keras dll terus dia menjelaskan kerja di qnet dan waw emejing walaupun kalian gak kerja asalkan kalian sudah punya dua bawahan  kalian akan dapat keuntungan yg terus mengalir, bahkan jika satu tahun Cuma dapat beberapa bawahanpun, kelak saat tua kalian akan jadi mulyuner, dia mempersentasikanya dengan data dipapan tulis sambil sesekali memukulnya dng keras ! diakhir sesi anak ini memperlihatkan foto2 dirinya sebelum dan sesudah masuk qnet,, sangat terlihat dia kucel hitam dan kameranya buram dan setelah masuk qnet dia terlihat selalu berfoto di  mall di stadion dihotel dan ditempat tempat mewah lainya,, bahkan salah satu fotonya sedang berfoto dimenara kembar malaysia, kalo gak salah menara petronas atau apalah kurang tahu hahaha,, sontak tentu membuat seisi ruangan berteriak histeris dan memberi tepuk tangan dan si MC datang dan justru memberikan game ! setelah itu dia menyampaikan sebentar lagi istirahat solat dzuhur dan nanti siang akan ada bos qnet yang masih muda tapi sudah bergelimang harta, sekaligus sesi tanya jawab sebelum acar ditutup dan siapa saja yang memberikan pertanyaan sebanyak sepuluh maka dia akan di daftarkan qnet tanpa bayar ! waw!
Akhirnya kami keluar, eh kirain boleh keluar ternyata tidak,, kami diarahkan ke atap gedung untuk mendapatkan nasi kotak dan makan sambil melihat pemandangan, wah lumayan, tapi begitu aku buka isinya nasi sekepal, sayur lodeh sedikit, kerupuk dan ikan lele kecil plus air akua, anjay ini bandung mennn !!! melarat amat,, dan yang lebih menyebalkan, saat kita makan, tetap saja kita diikuti mereka dan menanyakan bagaimana tadi bagaimana anu ini itu ikut ya masuk ya jual ini,, lah gimana mau makan setiap mau nyuap, kita suruh jawab, kampret !!!
Setelah makan, kamipun masuk kembali ke ruangan dan kali ini aku duduk agak dibelakang dengan alasan didepan AC terlalu dingin,, tak lama MC datang dan kami diberi game agar kami tak jenuh dan bosan, kemudian  tak lama bos muda qnet datang, dan wah ruangan hampir ambruk saking histerisnya,, lampu udah kaya disko lagih huh,, dia datang dan memperkenalkan diri juga menceritakan pengalamanya yang dulu hanya pekerja bengkel, jujur gue terkesima sama orang ini, muda, dan wibawanya terlihat sekali disamping itu penampilanya keren banget putih berjas hitam bercorak kuning emas, dengan banyak pernak pernik emas, jam tanganya emas kalung dilehernya ada banyak dan emas semua, gelangnya emas bahkan sabuknya juga emas gila nih orang tapi bicaranya lumayan enak didengar, santai  dan tidak terlalu mengada ngada seperti yg sebelumnya,, dan sampai pada sesi tanya jawab beberapa pertanyaanpun mulai dilempar salah satunya apakah Qnet itu MLM ataubukan, dia menjawab dan membantah bahwa qnet bukan dan tidak mau disebut MLM, dengan banyak sekali alasan,, terus ada yang nanya kenapa tidak ada iklan Qnet di TV,, dia menjawab dengan santai bahwa qnet adalah perusahaan yg sudah sangat besar dan tidak perlu iklan prett, bilang aja takut gak ada mangsa wkwkwk,, terus ada yg nanya dimana alamat kantor resmi qnet yg ada di indonesia,, dia menjawab di jakarta dan di bali Cuma dua ! ada yg bertanya bagaimana caranya mengajak teman agar mau,, dia menjawab dengan sangat seadanya ! dengan cara di iming2i pekerjaan, terutama mereka yg pengangguran dan baru lulus,, anjay !!! dan banyak lagi pertanyaan2 lainya, dan ketika sudah tidak ada yang bertanya tiba2 ada cewe polos bertanya kak apa bukti kalau kakak adalah orang kaya karena kerja qnet,, sontak seisi ruangan bergemuruh meriah lalu dia menjawab,, perlu bukti,, nih saya lihatkan akun qnet saya, dia memperlihatkan hapenya dan menyuruh si cewe buat membacakan nominalnya, cewe itu bilang ada 25O juta mennn ! tentu ruangan menjerit jerit histeris, saya lihat kiri dan kanan juga samping depan, saya lihat teman2 yg lain mereka diam, lah terus siapa yang heboh, karena penasaran sayapun melihat kebbelakang dan sangat terkejut, ternyata banyak orang yg berdiri sampai memenuhi pintu masuk, merka adalah pegawai qnet yg masih baru termasuk teman saya si tomi ternyata yang membuat kehebohan adalah mereka yg teriak2 gak jelas dan tepuk tangan gak karuan ! kampret !!!
Setelah sesi selesai, mc keluar lagi dan masih ada sesi berikutnya, yaitu kesaksian mereka yang mendapat bonus dari qnet, sekitar 1O orang dipanggil namanya dan di umumkan berapa gaji yg diterimanya minggu ini, tak tanggung gajihnya adalah dollar ! sekitar 3 sampai 5 jutaan! Salah satunya ada teman satu kontrakan saya yg maju kedepan, dia sangat senang dan bla222 wah sangat meyakinkan !!! perlu kalian ketahui bahwa ternyata seminar qnet yang satu ini, selalu mereka lakukan dihari senin, kamis ! mereka rutin melakukanya
Setelah itu, lagi2 MC kampret memberi Game, agar tidak jenuh ! dan akhirnya kurang dari jam 5 kami keluar dari gedung, anjayyyy bayangin dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore cuman dapet ceramah gak jelas ! ternyata didepan sudah banyak angkot yg parkir dan kami disuruh  masuk, gue kira mau pulang eh gak taunya enggak ! kita diajak kumpul ke kontrakan yang akag besar mungkin dibilang serumah kami dicekoki sharing dan tanya jawab itu sampai jam 9 malam lebih browww!!! Sekitar jam 10 kami akhirnya dibolehkan pulang, gue pulang ke kosan temen gue, disana gue makan terus tidur ! bangun jam 7 makan mandi dll sampai jam 9 kami disuruh kumpul lagi di kosan kemarin, tapi kali ini jumlahnya agak sedikit mungkin sebagian pada kabur dan gak kembali, kami di beri pencerahaan dan solusi buat dapat dana intinya sih bacotanya sama kaya yang udah2 gitu2 terus ! jam 2 kami dibolehkan pulang, dan gue tanya2 ternyata dari mereka kebanyakan dari daerah yg sangat jauh, dan mereka kehabisan ongkos, bahkan ada yg bernama opik dia dari jakarta dan ongkosnya habis buat makan dan cara satu2nya dia jual hape,,,,
Ketika dikosan gue dihajar supaya mau gabung dan ikut sama mereka, bahkan mereka menyuruh untuk menelpon orang tua agar secepatnya dikirim uang, bilang ajah udah diterima kerja tapi harus bayar sekian2,, wah jahat juga yah! Akhirnya dengan urat yang saling tegang, gue bisa pulang dengan alasan mau jual motor dan laptop yang ada dirumah wkwkwk !!! setelah pulang mereka terus menghubungi setiap waktu menanyakan mau gabung atau tidak, namun selalu gue jawab seadanya saja, dan kurang lebih seminggu, mereka terus menelpon, akhirnya gue bongkar semua kebusukan mereka ! dan gue takuti mereka bahwa akan saya laporkan kasus ini ke polisi, dan akhirnya semua akses mereka block baik telpon sms medsos dll,,,
Dan setelah saya search di google, ternyata mereka yang mendapat dolar tiap minggu, itu Cuma settingan, seakan akan benar terjadi,  tapi memang sebenarnya mereka sudah mendapat bonus sebelumnya, jadi walaupun mereka mendapat bonus sekali, tetap saja mereka akan maju berkali kali sebagai kesaksian sudah dapat bonus padahal dalam akun resmi mereka mereka mendapat bonus hanya beberapa dollar saja, misal mereka dapat bonus $3O mereka akan membacanya $3OO,, terbayangkan ! bahkan ketika saya cari nama FB salah satu karyawan qnet yang tinggal satu kosan dengan saya sangat mengejutkan, banyak foto2nya yang sedang menaiki mottr NINJA 25Occ wow !!! lah tapi kemarin waktu dikontrakan kok gak ada yah wkwkwkw
Kesimpulanya bagaimana,,, sebenarnya tujuan perusahaan Qnet tidak seburuk itu, qnet itu memang menjual produk dengan cara multilevel, setiap orang yang membeli produk qnet, mereka diberi barang dan juga sertifikat pengembangan usaha bahwa, jadi kalau kita beli produknya itu terserah kita mau menggunkan sertifikatnya atau tidak, namun hampir dipastikan semua orang mengincar serifikatnya karena jika kita mampu mengajak minimal dua orang teman maka kita akan mendapat bonus, setelah saya baca dibeberapa situs, ternyata gabung qnet tidak semahal yang dikira dan bonusnyapun bisa dibilang kecil, mungkin mereka juga menambahkan biaya gabung dengan biaya sewa angkot kontrakan makan mc dll,, karena sejatinya motto qnet adalah,
BANGUNLAH DIRIMU UNTUK MEMBANTU MENOLONG SESAMA ! apapun yang diawali dengan kebohongan, akan berakhir dengan kehancuran !
Bukan qnet yang kurang ajar tapi oknum2 didalamnya yan kadang bertindak kurang ajar !
Buat teman2 yang ingin bergabung, silahkan untuk difikirkan kembali, terdapat banyak konsekwensi yang riskan dan resiko yang cukup besar ! salah satunya anda akan dijauhi oleh teman yang anda ajak belum lagi kehidupan anda hampir dipastikan akan dihabiskan dengan berdiam diri didalam kosan yang sempit hehe ! namun, sekali lagi saya tegaskan bahwa disini saya tidak bermaksud menkjelek jelekan pihak manapun, saya hanya berbagi pengalaman sesuai dengan kisah yang saya alami sendiri,
Sekian, dan Terima kasih
Banjar Patroman, 22 agustus 18



















4 komentar on Qnet itu Penipuan atau bukan ? baca ini pengalaman pribadi saya

  1. Gan boleh tau nama gedung yg buat presentasi qnet bandung? Ada rekan yg anaknya ikut qnet.. Anaknya disuruh pulang gamau jd mau nyari.. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau markasnya sih di sekitar grutty shop jalan cibaduyutan mba... kasihan mba suruh pulang aja
      untuk informasi lainya silahkan hub WA saya 082218060821

      Hapus
  2. Mantap bro informasi nya.. makasih.

    BalasHapus
  3. untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjutnya silahkan hubungi WA saya di 082218060821

    BalasHapus

Bahagia Gak Harus Sama Dia

  Catatan Ke-1 Ciamis pagi itu terlihat mendung. ketika kutatap langit, awan-awan terlihat berwarna hitam pucat. Jalanan kota dipenuhi ken...

Back To Top